Kolding Harum Simpang Ampe Pasar Klender

Kolding Harum Simpang Ampe Pasar Klender

'Makanan dingin khas Pasar Klender Jakarta Timur'

"Bu, kolding itu makanan asli mana yah?" tanya saya sama si ibu penjual kolding, "ga tau yah mas, tapi kayaknya khas Klender sini sih. Kan yang pertama itu disimpang Malaka yang jual bapak tua." jawab si ibu dengan yakin. "Nah klo ibu idenya dari mana bu?" tanya saya lagi, "kebetulan saya tetangga rumahnya pak" jawab si ibu sambil tersenyum.
Bener ga sih Kolding itu makanan khas Klender atau Pondok Kopi bagi yang kurang mengenal Klender? Mungkin juga ada benarnya mungkin juga tidak, tetapi 'delicious food don't lies'. Makanan ini enak sekali loh, agak sedikit berbau promosi yah.
Ada 3 unsur yang akan saya bicarakan. Yang pertama lokasi, Kolak Dingin atau lebih dikenal dengan Kolding ini bernama Kolding Harum Simpang Ampe yang berlokasi persis dipersimpangan Pasar Klender, akan cukup sulit melihatnya jika kita naik mobil karena akan tertutup banyak mikrolet dan KWK didepannya yang "ngetem". Tetapi spanduk dan jika bertanya ke sekeliling pasti orang cukup familiar kok dengan Kolding. Buka dari jam 1-5 siang dan dibulan puasa jam 3-6 sore. Tidak tampak keramaian orang membelinya tetapi selama saya makan disana selama 30 menit saja, si ibu tidak berhenti melayani pelanggan yang membeli Kolding untuk dibawa pulang.
Jika mengulas kuliner tidak lengkap jika tidak membicarakan soal harga dan apa saja yang didapatkan. Harga satu porsi Kolding ini adalah 12rb rupiah, cukup mahal untuk ukuran jajanan dipinggir jalan raya dan dekat pasar tetapi harga sebanding sekali dengan porsinya loh dimana satu porsi ini menurut saya bisa buat 2 orang dan juga mangkoknya besar. Dari segi isi juga cukup banyak yaitu kolang kaling, mutiara delima, kolak pisang, agar-agar, es batu, dan sirup yang kita bisa memilih rasanya yaitu coco pandan ataupun durian.
Rasa adalah unsur terpenting dari makanan, saya mencicipi Kolding ini di tengah hari bolong dengan udara panas yang menyengat jadi menurut saya rasanya luar biasa dan sangat cocok untuk menghilangkan gerah serta mengusir lapar sementara walau pun setelah ini saya makan nasi padang juga. Kolak pisang yang digunakan pun unik karena menggunakan pisang nangka dan ukuranya yang besar membuat perut cukup kenyang.
Tetapi karena sekarang sudah mau menjelang puasa saya rasa Kolding juga bisa menjadi salah satu santapan berbuka puasa yang  nikmat sekali. Jadi penasaran mencoba Kolding ini lagi sebagai menu berbuka puasa.
Yuk kita kulineran didekat rumah kita?

2 komentar:

  1. wah saya pernah coba kolding itu, enak n pas porsinya

    BalasHapus
  2. Es kolding legend buat warga Perumnas Kelender , lokasi persis diperempatan Ramayana dan Kelurahan Malakajaya, harga udh naik lah sefikit tp rasa tidak pernah berubah

    BalasHapus